Kamis, 05 Januari 2012

Mobil Esemka Yang Dipelopori Walikota Solo Jokowi Memantik Semangat Berkarya Anak Bangsa


Akhirnya anak bangsa kita mampu membuat mobil sendiri, meskipun cuma desain saja saat ini dan belum menyentuh bagian mesin ini sudah cukup menjadi titik tolak buat Indonesia menjadi bangsa yang besar dan maju. Direktur SMK Ditjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Joko Sutrisno menambahkan pihaknya akan mencanangkan mobil yang dirakit oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) menjadi produk nasional.
 
Mobil ini diberi nama “esemka”  dengan model SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin serta van.  Menurut dia, izin konstruksi mobil sudah dipegang oleh Kemendikbud. Memang masih diperlukan uji emisi, namun tidak menjadi syarat penting karena pada tahap awal ini mobil SMK itu masih terus didistribusikan ke kabupaten kota yang tidak mementingkan izin uji emisi. Kerjasama dengan industry kecil itu memang menjadi target Kemendikbud. Karena siswa masih dilibatkan dalam pembuatan mesin dan konstruksinya. 
 
Pada tahun ini, ia menargetkan sebanyak 200 unit mobil baru segera diluncurkan kepada para pemesan. Dengan adanya mobil ini industri kecil akan terangkat serta makin mengasah kemampuan siswa SMK. Mobil ini di banderol 80 juta apa ngga kemahalan tuh? padahal mesinnya saja timor yang harga mobil timor berkisar 35 sampai 42 juta.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...