Jumat, 30 Desember 2011

Nasihat Apple pada Google

Semasa hidup, Steve Jobs sang pemilik Apple pernah memberikan suatu nasihat pada Larry Page, sang CEO Google. Saat itu Larry Page baru saja menggantikan Eric Schmidt sebagi CEO Google. Mengikuti jejak sang co-founder HP, Bill Hewlett, Larry langsung meminta saran pada Steve Jobs mengenai cara memimpin perusahaan sebesar Google. Jobs memberikan satu petuah tajam dengan berkata mengenai produk produk Google "that are adequate but not great..." (Produk produk Google sudah cukup baik tapi tidak ada yang istimewa). Tersirat Jobs mengkritik bahwa ada beberapa produk "lemah" Google di pasaran dunia maya yang masih sibuk ditangani dan Google sebaiknya fokus untuk memperkuat hanya produk produk "kuat" mereka.

Ketika sekilas memahami nasihat Apple pada Google tadi, ada 2 makna yang tersirat berikut ini:
  • Dalam dunia bisnis, bila kita memiliki banyak produk di pasaran dan sudah sekian lama diamati hingga diketahui hanya satu atau beberapa produk yang "kuat" (laris manis atau disukai dan dibutuhkan konsumen), maka fokuslah untuk memperkuat produk "kuat" kita tersebut hingga berkembang menjadi lebih baik dan simpan dulu produk yang "lemah" di lemari besi hingga ada waktu untuk menggemblengnya menjadi "kuat".
  • Dalam dunia pengembangan diri dan motivasi, kita telah mengenal berbagai alat untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan potensi diri seperti Multiple Intelegence Test, Personality Plus Test, Myers Briggs Test/ MBTI, dsb. Maka pilihan yang paling tepat untuk mengembangkan potensi diri adalah dengan menguatkan kekuatan kita dulu agar berkembang menjadi lebih luar biasa dan jangan menyita waktu untuk menguatkan sisi kelemahan potensi diri kita.
Pepatah mengatakan : "Determine what you're good at, and get better at it". (Temukan kekuatan potensi diri dan jadikan lebih kuat). Ayo kuatkan kekuatan kita dulu, sumber: www.widisafari.com

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...